Virus Corona, Wabah Pertama Di Awal Dekade 20-an



Akhir-akhir ini kita disuguhkan berita di televisi, media online, maupun media sosial soal merebaknya virus Corona yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok. Tapi apa itu virus Corona? Masih banyak yang bertanya-tanya soal virus ini, bagaimana cara penularannya, dan pencegahannya?
Kali ini kami akan sajikan informasi tentang virus Corona, yuk disimak!







Virus Corona pertama kali ditemukan mewabah di kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun 2019 yang lalu. Oleh karena itu Virus Corona juga dikenal sebagai Wuhan Virus (Virus dari kota Wuhan). Saking takutnya pemerintah Tiongkok sampai mengisolasi kota tersebut saat ini dan membatasi akses transportasi yang masuk maupun keluar kota Wuhan.


Kota berpenduduk 11 juta jiwa tersebut diisolasi disaat liburan tahun baru Imlek akan dirayakan besar-besaran di seluruh Tiongkok. Banyak orang yang mudik ke kampung halamannya masing-masing. Hal ini dikhawatirkan menjadi mimpi buruk penyebaran Virus Corona ke seluruh Tiongkok. Bahkan Singapura negara tetangga Indonesia sudah mengkonfirmasi wabah Corona pertama di negaranya.




Fakta-Fakta Virus Corona
Virus Corona merupakan keluarga dari virus Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada unggas dan mamalia (termasuk manusia). Sampai saat ini, diperkirakan 17 orang tewas akibat Virus Corona di Tiongkok. Virus Corona merupakan jenis virus Zoonosis, dimana infeksi dapat ditularkan dari hewan ke manusia.


Kenapa pemerintah Tiongkok sangat khawatir soal penyebaran Virus Corona di negaranya? Karena virus ini belum ada obatnya. Sehingga banyak negara yang mewaspadai virus ini masuk ke negara mereka (termasuk Indonesia) dengan memasang banyak alat pendeteksi suhu tubuh di berbagai bandara, maupun pintu masuk perbatasan di negara yang berbatasan langsung dengan Tiongkok. Virus Corona masih satu keluarga dengan virus SARS dan MERS.


Fakta-fakta yang ditemukan baru-baru ini Virus Corona diduga berasal dari Sup Kelelawar yang banyak dikonsumsi di kota Wuhan. Para peneliti berpendapat sangat mungkin virus ini berasal dari Sup Kelelawar; mengingat Virus Corona juga ditemukan pada spesies Kelelawar.




Gejala-Gejala Orang Yang Terjangkit Virus Corona
Gejala pada orang yang terjangkit virus ini adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang terjadi selama beberapa hari. Virus ini lebih memungkinkan menyerang manusia dengan daya tahan tubuh yang lemah, seperti anak kecil dan orang tua.


Serangan virus ini kepada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan bawah yang lebih serius, seperti pneumonia atau bronkitis.




Langkah Pencegahan
1). Hindari makan daging mentah atau telur mentah.
2). Hindari area berasap atau smoking area.
3). Segera pergi ke dokter dan minum obat jika gejalanya sudah terdeteksi, jangan biarkan sampai gejala semakin parah.
4). Cuci tangan setelah bersin atau batuk.
5). Tutup mulut saat batuk atau bersin.
6). Jika kamu yakin sudah terinfeksi Virus Corona, hindari kontak langsung dengan orang lain.
7). Lakukan istirahat maksimal.
8). Menjauhi keramaian.












Source:
https://m.detik.com/…/jeritan-warga-wuhan-yang-ditutup-kare…
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Koronavirus
https://hot.liputan6.com/…/5-fakta-virus-corona-ketahui-car…

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak