Inovasi Baru, Ada Piring Yang Terbuat Dari Daun!





Inovasi Bahan Baku Pembuatan Piring Dari Daun

Akhir-akhir ini banyak problem tentang sampah dimana sampah tersebut kebanyakan dari kemasan makanan, nah sekarang ada inovasi baru & menarik dari sebuah perusahaan di Jerman yang mencetuskan membuat piring dari bahan bakunya adalah daun, Iya! daun. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan simak penjelasan di bawah ini:



Bahan makan dan kemasan selama ini dinilai paling banyak menghasilkan sampah rumah tangga. Padahal sampah tersebut tidak hanya berupa sampah organik yang mampu terurai namun juga sampah anorganik yang sulit terurai seperti plastik.
Hal ini akhirnya mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan akibat sampah dapur. Solusi yang ditawarkan kemudian adalah dengan menciptakan kemasan makanan yang ramah lingkungan dan dapat terurai. Dan solusi tersebut datang dari hal yang tidak terduga yakni daun.


Seperti yang dilakukan oleh perusahaan asal Jerman Leaf Republik yang memanfaatkan daun untuk menciptakan kemasan makanan dan piring. Solusi yang mereka ciptakan akan mampu menggantikan kemasan makanan yang terbuat dari kertas karton ataupun plastik. Piring daun yang mereka ciptakan benar-benar mampu tahan air dan bahkan bisa terurai.




Model Piring Yang Terbuat Dari Daun


Teknik yang digunakan oleh Leaf Republik untuk menciptakan piring daun yang kuat namun tetap dapat terurai itu adalah dengan menjahit beberapa lembar daun menjadi satu menggunakan serat janur kelapa. Kemudian lembaran tersebut akan melapisi sebuah lapisan kertas yang juga terbuat dari daun.
Sehingga piring akan memiliki tiga lapisan: daun diatas, kertas di tengah dan daun di bawah. Tiga lapisan ini kemudian ditumpuk menjadi satu kemudian dicetak.


Leaf Republik mengklaim mampu membuat produk tersebut tanpa minyak, tanpa memotong pohon, tanpa plastik, tanpa bahan kimia, tanpa lem, dan tidak menyakiti hewan apapun.
Berkat produk ini Leaf Republik berhasil menggalang dana crowd founding sebesar 64.000 Euro dari target awal 50.000 Euro. Pendanaan ini mereka gunakan untuk memperbesar skala bisnis dan juga ekspansi secara global ke beberapa negara.


Leaf Republik membeli dedaunan yang menjadi bahan baku produknya dari Asia dan Amerika Selatan yang memang di daerah tersebut dedaunan merupakan bagian dari makanan sehari-hari. Namun daun yang digunakan untuk pembuatan piring dan kemasan adalah daun yang tidak biasa untuk dikonsumsi seperti daun jati.


Harga yang harus dibayar untuk membeli piring daun ini sekitar 46,41 Euro untuk 100 piring atau sekitar 750 ribu rupiah. Artinya setiap piring memiliki harga sekitar 7.500 rupiah setiap unit dan piring ini tetap mampu untuk digunakan beberapa kali sebelum akhirnya mengalami degradasi. Tidak hanya piring, Leaf Republik juga membuat produk lain seperti piring sushi atau Izumi dan juga wadah untuk kentang goreng.



Source: https://teknoia.com/piring-terbuat-dari-daun-ramah-lingkung…

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak