Kisah Kopral Wojtek, Beruang Legendaris Yang Ikut Perang

Kisah Kopral Wojtek, Beruang Legendaris Yang Ikut Perang

Wojtek Ketika Ditemukan Oleh Pasukan Polandia


Pertama kali Wojtek ditemukan oleh pasukan Polandia di Tehran, Iran. Pasca kalahnya Polandia, mereka menginvasi daerah Timur Tengah dan bertemu dengan Wojtek. Kala itu Wojtek masih kecil imut menggemaskan. Wojtek seekor anak beruang yang ditinggal Ayah-Ibunya itu kemudian dibawa oleh pasukan Polandia dan direkrut menjadi bagian dari kesatuan militer Polandia.


Sejak kecil, Wojtek diasuh oleh para tentara Polandia. Dari situ, Wojtek belajar banyak hal yang dilakukan oleh manusia. Wojtek diberi makan madu, ikan, daging, susu bahkan menikmati rokok dan root beer ketika dia dewasa menjadi kesukaannya.




Wojtek Bermain Dengan Salah Seorang Pasukan Polandia


Wojtek dengan cepat menjadi maskot grup. Dia selalu diajak untuk makan bareng dengan para pasukan. Wojtek menjadi primadona baik bagi pasukan Polandia juga ke warga Polandia. Olahraga favoritnya adalah bermain gulat dengan para pelatihnya. Kalau kalah, Wojtek selalu memberi bahasa tubuh lewat tangannya memberi salut. Wojtek kini punya keluarga baru.

Wojtek dilatih untuk membantu para pasukan membawa perlengkapan senjata perang.
Ketika akhirnya Polandia begerak ke Italia untuk memberi assist atas kekalahan pasukan Mussolini, Wojtek mendapatkan ijin untuk ikut serta ke medan pertempuran.

Wojtek dikawal oleh dua pelatihnya, Henryk dan Dymitr. Dia juga ikut tidur bareng dengan rekan pasukannya, tapi dia di dalam peti khusus untuknya.


Kopral Wojtek 'Si Beruang' Yang Ikut Berperang


Dengan tubuh besarnya, Wojtek sangat antusias di medan perang. Selama peperangan melawan pasukan perang di perang Monte Cassino, dikabarkan kalau Wojtek membantu para pasukan membawa kotak altileri. Wojtek juga mendapat gelar sebagai seorang 'Kopral'. Keren kan?!

Di akhir karirnya sebagai Kopral Wojtek diistirahatkan di kebun binatang di Skotlandia.
Wojtek meninggal di usia 21 tahun. Sebagai bentuk apresiasi kepada Wojtek, dibuatlah patung beruang atas namanya. Di kuburannya, para pelayat menaburinya dengan rokok.

Nama           : Kopral Wojtek (Angkatan Darat Polandia)
Meninggal    : 2 Desember 1963 (21 tahun); Edinburgh Zoo, Skotlandia
Masa aktif    : 1943–1945
Perang         : World War II: Battle of Monte Cassino


Sumber: Simple History

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak