Tempat/Kota Suci Agama di Dunia



Beberapa tempat di dunia ini dipilih sebagai kota suci bagi agama-agama tertentu. Alasan dipilihnya tempat tersebut melalui berbagai macam pertimbangan. Beberapa tempat dipilih karena memiliki latar belakang historis dengan berdirinya agama tersebut.

Namun, ada juga yang dipilih karena para pemeluk agama tersebut memiliki keyakinan bahwa tempat itu merupakan tempat suci yang telah dijanjikan oleh Tuhan-nya. Berikut kota-kota suci bagi agama di dunia :
1. Mekkah, Arab Saudi


Keberadaan Islam sebagai salah satu agama besar di dunia membuat Mekkah, Arab Saudi sebagai kota asal agama ini pun menjadi destinasi wisata religi yang diperhitungkan.Sebuah kota dengan bukit perpasir di Arab Saudi ini merupakan salah satu kota suci umat Islam. Hal ini disebabkan Nabi Muhammad, sebagai penyampai wahyu lahir di kota Mekah.

Ramainya kunjungan ke kota Mekkah bukan hanya dipicu oleh nilai historisnya. Namun, keberadaan perintah ibadah yakni “pergi haji” dan tempat-tempat yang disucikan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wajib bagi pemeluk agama Islam. Bahkan, setiap tahunnya pengunjung kota Mekkah hingga mencapai jutaan orang.
2. Yerusalem


Yerusalem (/dʒəˈruːsələm/; Ibrani: יְרוּשָׁלַיִם Yerusyaláyim, diucapkan [jeruˈʃalajim] ( simak); bahasa Arab: أُورُشَلِيمَ, translit. Ūrsyalīm‎), juga dikenal dengan Al-Quds (bahasa Arab: القُدس‎, diucapkan [ˈaːɫ ˈquːdsˤ] ( simak)) merupakan salah satu kota tertua di dunia, terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati. Kota ini dianggap suci dalam tiga agama Abrahamik utama: Yudaisme, Kekristenan, dan Islam.

Menurut tradisi Alkitab, Raja Daud merebut kota ini dari suku Yebus dan kemudian didirikannya sebagai ibu kota Kerajaan Israel Bersatu; putranya, Raja Salomo, memerintahkan pembangunan Bait Pertama. Peristiwa-peristiwa pokok ini, sejak permulaan millenium ke-1 SM, memiliki peranan sentral secara simbolis bagi orang-orang Yahudi. Julukan kota suci (עיר הקודש, ditransliterasikan ‘ir haqodesh) mungkin disematkan ke Yerusalem pada pasca-periode pembuangan.

Kesucian Yerusalem dalam Kekristenan, terlestarikan dalam Septuaginta yang mana diadopsi kaum Kristen sebagai otoritas mereka sendiri, dipertegas oleh catatan Perjanjian Baru tentang penyaliban Yesus di sana. Dalam pandangan Islam Sunni, Yerusalem adalah kota tersuci ketiga setelah Mekkah dan Madinah. Dalam tradisi Islam, pada tahun 610 M Yerusalem menjadi kiblat pertama, yaitu arah yang dituju dalam doa Muslim (salat), dan Muhammad melakukan Perjalanan Malam di sana 10 tahun kemudian, naik ke surga di tempat ia berbicara kepada Allah, menurut Al-Qur'an.

Alhasil, walaupun hanya merupakan daerah seluas 0,9 kilometer persegi, Kota Lama memiliki banyak situs dengan arti penting keagamaan yang sangat berpengaruh, di antaranya yaitu Bukit Bait Suci atau Masjid Al-Aqsha, termasuk di dalamnya Jami' Al-Aqsha, Kubah Batu atau Kubah Shakhrah, dan Tembok Barat; Gereja Makam Kudus, dan Makam Taman.
3. Tahkta Suci Vatikan


Dengan ukurannya yang kecil yakni sekitar 44 Hektar, Vatikan lebih cocok disebut sebagai kota walaupun merupakan sebuah negara berdaulat terkecil di dunia. Namun, dari segi politik, kota suci yang berpopulasi kurang dari 900 jiwa ini memang memiliki pemerintahannya sendiri yang dipimpin oleh Paus. Bagi penganut Katolik, Vatikan merupakan destinasi yang suci, sebab menyimpan pengetahuan dan sejarah agama ini. Sehingga, kesempatan untuk berkunjung ke kota suci ini merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan.

Jika berkunjung ke kota suci Vatikan, Anda akan melihat orang-orang yang mendatangi Basilik Santo Petrus, salah satu gereja terbesar di dunia. Dengan arsitektur yang mengagumkan baik pada eksterior dan interiornya, Anda akan terhipnotis dengan keindahan tempat ini. Selain Basilika Santo Petrus, terdapat pula destinasi lainnya yang begitu indah. Salah satunya adalah Museum Vatikan yang berisi karya seni hasil tangan seniman-seniman besar dunia seperti Leonardo da Vinci.
4. Tirupati, India


Tirupati merupakan sebuah kota yang terletak di negara bagian Andra Pradesh, India. Bagi umat Hindu India, tempat ini memiliki makna yang penting, yakni sebagai pintu bagi ritual “naik haji” mereka. Setiap tahunnya, ribuan umat hindu berbondong-bondong mendatangi tempat ini untuk melakukan pemujaan terhadap Dewa Venkateswara yang biasa disebut Sri Balaji.

Umat Hindu India meyakini bahwa Sri Balaji merupakan penjelmaan dari Dewa Wisnu. Selain tempat untuk beribadah, Tirupati juga kerap dijunjungi karena keindahan kuil-kuilnya. Anda pun dapat menikmati lezatnya masakan India di restoran-restoran lokal. Per tahunnya, terdapat 18.25 juta pengunjung di kota suci ini.
5. Lhasa, Tibet


Ibukota Tibet, yakni Lhasa, dapat ditempuh hanya dengan perjalanan darat selama satu jam dari bandara Gongga. Lhasa dikenal sebagai pusat bagi kebudayaan Buddhisme dan sebuah region tertinggi di dunia. Bagi penganut Buddha, Lhasa merupakan kota suci, tempat para dewa dan lokasi untuk beribadah serta melakukan ritual di kuil.

Lhasa merupakan destinasi wajib para pecinta alam dan tradisi. Ibukota Tibet ini misterius sekaligus magis. Atmosfer spiritual yang kental muncul dari kuil-kuil Buddha nan suci, berlatar keindahan dan komplek pegunungan tertinggi di dunia yaitu Himalaya. Jalur yang meliuk di antara pegunungannya menjadi salah satu jalur terindah untuk pendakian.

Lhasa berhasil memikat hati tiap traveler yang menginjak tanah sucinya. Kota ini tampak begitu asing, namun semua kultur dan keindahan alamnya akan membawa Anda pada sebuah kecintaan. Alamnya terlalu memesona, bahkan katanya, melebihi indahnya negeri Eropa. Rasa cinta itu akan bertambah besar ketika Anda bertemu masyarakat setempat.

Source:https://m.detik.com/travel/dtravelers_stories/u-1838791/lhasa-kota-para-dewa-di-atap-dunia
https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2017/06/mengenal-5-kota-suci-yang-paling-sering-dikunjungi-di-dunia
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yerusalem

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak