Mengapa Perempuan Lebih Cepat Tua Dibanding Laki-laki?



Meskipun usia laki-laki lebih tua daripada perempuan, namun laki-laki tampak terlihat lebih muda. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Perempuan & Laki-Laki


Nah, ternyata ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab perempuan lebih cepat tua. Berikut alasannya:
1. Kelenjar Minyak Perempuan Lebih Sedikit Dibandingkan Laki-laki


Alasan perempuan lebih cepat tua dibandingkan dengan laki-laki adalah karena tingkat kelenjar minyak yang terdapat di dalam tubuh. Kelenjar keringat yang terdapat di dalam tubuh perempuan lebih sedikit dibanding dengan laki-laki.

Sehingga perempuan akan lebih cepat mengalami penuaan dini. Dalam sebuah riset menyebutkan, bahwa jika kelenjar keringat memiliki fungsi untuk menghasilkan minyak yang membuat kulit terlihat lebih lembab dan pembuluh darah membantu mengalirkan darah ke organ tubuh sehingga bisa mencerahkan kulit.

Namun, jika kelenjar keringat hanya sedikit, maka sedikit pula kesempatan kulit perempuan untuk terlihat lebih cerah dan lembab. Kelenjar minyak yang dapat membantu melembabkan dan mencerahkan kulit adalah kelenjar minyak yang berada pada bagian mulut dan mata.
2. Lebih Mudah Stress


Alasan selanjutnya yaitu, karena perempuan lebih mudah mengalami stress dibandingkan dengan laki-laki. Karena beban pikiran perempuan lebih banyak, apalagi jika sudah menikah. Perempuan bukan hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi juga memikirkan keluarga, suami, serta anaknya.

Seorang perempuan kerap memiliki pikiran yang tidak jelas yang dapat membuat dirinya penat. Selain mudah stress, perempuan juga cenderung lebih banyak menyimpan rahasia dan tidak bisa mengungkapkan secara langsung, layaknya seorang lelaki. Inilah mengapa wanita selalu terlihat lebih tua.
3. Efek Menopause


Saat usia perempuan semakin bertambah, maka hormon estrogen yang diproduksinya akan semakin berkurang. Sehingga tingkat hormon estrogen akan semakin menurun dan mengalami proses yang namanya monopouse.

Fungsi dari hormon estrogen sendiri adalah sebagai hormon yang dapat membuat kulit perempuan terlihat lebih sehat sehingga akan tampak lebih bersinar. Dan berarti jika hormon estrogen dalam tubuh itu menurun, maka perempuan akan tampak lebih keriput, kusam dan tidak segar.
4. Kurang Bergerak


Perempuan yang kurang bergerak akan membuat tubuhnya menjadi lembek, lesu dan letih. Kita tentu tahu, perempuan cenderung jarang bergerak seperti melakukan olahraga. Hal tersebut jelas berbeda dengan seorang laki-laki yang banyak memiliki aktivitas dengan menggunakan tenaga serta gerakan.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, seorang perempuan disarankan untuk setidaknya berolahraga ringan, seperti lari pagi, bersepeda, jalan santai dan lain sebagainya.
5. Tingkat Kedewasaan


Tingkat kedewasaan juga menjadi faktor yang membuat perempuan tampak lebih tua dibandingkan laki-laki. Perempuan cenderung lebih cepat mencapai masa kedewasaan dibandingkan seorang laki-laki.

Salah satu faktor yang menjadikan perempuan lebih cepat dewasa adalah pengalaman hidup dan situasi dikehidupan sehari-hari.

Nah itulah beberapa alasan mengapa perempuan lebih cepat tua dibanding laki-laki. Pada umumnya perempuan akan terlihat lebih tua dari laki-laki saat berusia 30 tahun keatas.


Source:
Lifestyle, Kompasiana, Detik

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak