Pemeringkatan Games? Apa Maksudnya? Yuk, Kita Lihat Alasannya




Pemeringkatan Games



Menurut Entertainment Software Rating Board (ESRB) berdiri pada tahun 1994 adalah badan bentukan industri permainan elektronik untuk pemeringkatan produk game karena kritik masyarakat terhadap konten kekerasan dan seksual dalam game.



Contoh kasusnya kita ambil dari game Grand Theft Auto, banyak anak dibawah umur (17 tahun kebawah) memainkan game ini di rumah melalui konsol yang dibelikan oleh orangtuanya. Padahal Grand Theft Auto adalah game yang hanya boleh dimainkan oleh orang dewasa.


Jadi para orang tua atau siapapun yang ingin memainkan game, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu rating game tersebut.


1. Early Childhood
Untuk anak-anak usia dini. Ada yang membatasi 8 tahun kebawah, ada pula membatasi 10 tahun kebawah.


2. Everyone
Untuk segala usia. Kalaupun ada kekerasan itu serupa adegan film animasi untuk anak-anak. misal: The Ant, Bully (Game Boy Avance).


3. Everyone 10+
Untuk anak-anak berusia 10 tahun keatas. Biasanya memuat unsur kartun. Misal: Point Blank DS, The Ant Bully (PS2, Wii, Windows).


4. Teen
Untuk 13 tahun keatas. Boleh ada sedikit kekerasan, humor kasar, darah, perjudian, dan ucapan kasar. Misal: Cross Fire, War Rock, Future Cop, Atlantica, Bully (PS2, PS3, PS4).


5. Mature 17+
Untuk dewasa 17 tahun keatas. Boleh ada kekerasan, darah, unsur seksual, dan umpatan. Misal: Grand Theft Auto, Call of Duty, Counter Strike, Mortal Kombat, Conflict Vietnam, ShellShock, Camageddon.


6. Adults Only 18+
Untuk dewasa 18 tahun keatas. Dimungkinkan porsi lebih untuk kekerasan, darah, unsur seksual, perjudian, dan kata-kata tak sopan. Misal: Riana Rouge, Thrill Kill, Grand Theft Auto 5.


7. Rating Pending
Proses penilaian belum tuntas. Cuplikan game hanya muncul dalam iklan. Begitu terbit peringkat resmi dari ESRB, cap ini harus disingkirkan dari produk.




Source: Ebid

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak