9 Mitos Tentang Petir



Potret Petir





Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan (Wikipedia). Di beberapa Negara dunia, petir menjadi bahan yang menakutkan karena terus menimbulkan korban jiwa. Terkadang sejumlah kasus itu terjadi karena kecelakaan, namun ada pula yang terjadi karena ketidaktahuan seseorang terhadap petir. Berikut ini adalah 9 mitos tentang petir yang beredar di masyarakat.




1. Petir Hanya Menyambar Pada Saat Hujan

Petir menyambar sebelum, pada saat, atau sesudah hujan. Bahkan, petir menyambar pada saat cuaca cerah.

2. Petir Tak Pernah Menyambar Dua Kali pada Tempat yang Sama

Petir sering menyambar di tempat yang sama berulang kali, terutama tempat tempat tinggi dan berujung lancip, seperti bebarap gedung pencakar langit.

3. Ban Karet Melindungi Anda

Mobil adalah salah satu tempat yang aman pada saat terjadi petir menyambar. Namun, itu bukan karena ban mobil, Bodi berbahan metal di luar mobil menghantar aliran listrik di luar mobil. Untuk berjaga-jaga, selalu pastikan jendela mobil tertutup rapat.

4. Berdiri di Bawah Pohon

Berada di bawah pohon pada saat hujan lebat disertai petir tidaklah terlalu aman. Seseorang berpotensi terkena sengatan petir secara langsung atau terluka oleh listrik yang mengalir di tanah.

5. Berbahaya Menyelesaikan Pertandingan Olahraga saat Hujan Lebat

Mengingat terdapat sejumlah kasus serangan petir, manajemen beberapa klub olahraga dunia kini mempunyai kebijakan baru. Pertandingan akan dihentikan sementara pada saat hujan deras demi keselamatan.

6. Telungkup di Tanah Jika Terjadi Petir

Jika petir mengalir di permukaan tanah, menelungkupkan badan tidak selamanya menyelamatkan Anda. Tindakan tersebut sudah tidak berlaku karena memberikan anggapan yang salah terhadap konsep keselamatan. Berdasarkan pendapat sejumlah ahli, tidak ada tempat aman jika Anda berada di daerah terbuka pada saat petir menyambar.

7. Orang yang Tersambar Petir Berbahaya untuk Disentuh

Korban tersambar petir harus cepat mendapat pengobatan, seperti bantuan pernapasan (CPR). Badan manusia tidak menyimpan muatan listrik dari luar, sehingga setelah disambar petir pun aman untuk di sentuh.

8. Aksesoris Berbahan Metal Berpicu Mengundang Petir

Jangan bersusah payah melepas aksesoris berbahan metal saat petir menyambar, sebab sejumlah benda tersebut tidak mengundang petir. Yang harus diperhatikan adalah tidak membawa payung karena itu membuat Anda lebih tinggi.

9. "Saya aman berada dalam rumah"

Betul, rumah atau bangunan lain adalah tempat teraman pada saat petir menyambar. Meskipun begitu, pada saat berada di dalam, jauhi kabel telepon, matikan benda elektronik (misal: komputer, dll.), dan alat-alat yang mengandung listrik lain. Jauhi pula air dan pipa-pipa. Dan jangan berada dekat jendela hanya karena ingin melihat petir yang mengagumkan.









Source : Buku Kisah 1001 Mitos-Mitos Unik Di Dunia Gemerlap

Fabian SSK

“The quality, not the longevity, of one’s life is what is important.” – Martin Luther King Jr.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Formulir Kontak